BMKG: Gempa dengan Magnitudo 5.2 Mengguncang Malang, Masyarakat Dianjurkan Tetap Tenang

by -89 Views

Gempa Bumi Magnitudo 5.2 Guncang Malang, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya pada Sabtu (2/12/2023) pukul 12.37 WIB. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi tersebut terletak di laut, 138 kilometer arah tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Karangkates, Ma’muri mengatakan bahwa gempa bumi ini tergolong sebagai gempa bumi menengah akibat aktivitas pada zona subduksi. Meskipun guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Malang dengan kategori II MMI, belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Warga diimbau untuk tetap tenang dan waspada, serta tidak mudah terpengaruh oleh isu yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. BMKG merupakan sumber informasi resmi yang dapat dipercaya, dan warga diharapkan memperoleh informasi hanya melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Gempa bumi memang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya, oleh karena itu warga di wilayah rawan gempa diimbau untuk selalu waspada. (Suaraindonesia.co.id)