Angin Kencang Melanda Tiga Kecamatan di Kabupaten Malang, Merusak Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum

by -107 Views

Hujan deras disertai angin kencang melanda tiga wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis, 30 November 2023. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono melaporkan bahwa puluhan rumah warga rusak akibat angin tersebut. Selain itu, beberapa fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas juga terdampak.

Di Kecamatan Jabung, selain rumah penduduk yang rusak atapnya akibat hujan dan angin, juga terdapat TK Baitul Muhlisin, sekolah Miftahul Huda, dan Puskesmas Jabung yang terdampak. Angin kencang juga menyebabkan beberapa pohon tumbang menutupi akses jalan dan menimpa atap rumah di daerah tersebut.

Di Kecamatan Singosari, angin menyebabkan 40 rumah rusak, mulai dari rusak ringan, sedang hingga berat, serta menumbangkan tiang listrik PLN. Di Kecamatan Karangploso, tujuh rumah juga terdampak angin tersebut.

BPBD Kabupaten Malang sedang melakukan kerja bakti pembersihan bersama TNI, Polri, PMI Kabupaten Malang, Pemdes, dan warga setempat. Warga yang terdampak angin Langkisau membutuhkan bantuan berupa sembako, terpal, kidswear, peralatan dapur, dan material atap rumah.

Sumber: SUARA INDONESIA