Menginspirasi dengan Kisah UKM yang Membangun Usahanya dengan Dukungan Inisiatif Hyperlocal dari Tokopedia dan Teknologi Terkini

by -140 Views
Menginspirasi dengan Kisah UKM yang Membangun Usahanya dengan Dukungan Inisiatif Hyperlocal dari Tokopedia dan Teknologi Terkini

FAJAR.CO.ID, BANDUNG– Terinspirasi dari dendeng Singapura, David Perdana Haryadi bersama Novi Herawati berinovasi menghadirkan dendeng ayam.

Inovasi itu dilakukan David mengingat dendeng Singapura yang kebanyakan non-halal, sehingga ia menggunakan daging olahan ayam yang halal untuk menyesuaikan kebutuhan banyak masyarakat.

Pemilik usaha Dendeng Kukuruyuk ini pun mencoba berbagai resep saat awal pembuatan dendeng ayamnya itu pada medio 2012 lalu. Hingga akhirnya, beber dia, menggunakan resep keluarganya sendiri yang digunakan secara turun temurun tersebut.

Dia pun mengaku bersyukur ikut berpartisipasi dalam manifestasi Hyperlocal, yaitu Tokopedia NYAM!.

Kisah inspiratif itu diungkapkan David, salah seorang pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Bandung, yakni Dendeng Kukuruyuk.

Sekadar diketahui, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging agar UMKM di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Bandung, punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

“Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi, salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk, misalnya makanan kering, di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” ujar Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Manifestasi Hyperlocal Tokopedia lainnya adalah Tokopedia NYAM!, halaman kurasi produk makanan dan minuman dari pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM di Bandung.