BRI Menyelenggarakan SMEstaTalk untuk Mendukung UMKM Indonesia Masuk ke Pasar Global

by -7 Views
BRI Menyelenggarakan SMEstaTalk untuk Mendukung UMKM Indonesia Masuk ke Pasar Global

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dengan menyelenggarakan webinar eksklusif, SMEs Loyalty Talks #SMEstaTalks Episode 3 pada akhir September 2024 lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian inisiatif BRI untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing UMKM Indonesia di kancah internasional.

SMEstaTalk merupakan serangkaian pelatihan online yang memberikan pembekalan komprehensif kepada nasabah BRI agar dapat mengembangkan usaha mereka hingga siap untuk ekspor. Program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan literasi dan inklusi, tetapi juga menghadirkan para ahli kompeten untuk berdiskusi tentang topik terkini yang dapat memaksimalkan potensi usaha nasabah.

Dalam enam bulan terakhir, SMEstaTalk telah dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan jumlah peserta hampir mendekati seribu orang. Pelatihan online ini merupakan bagian dari kolaborasi antara BRI dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan “untuk mendukung pengembangan UMKM agar dapat menjadi lebih tangguh dan maju, kolaborasi semua pihak terkait sangat penting. Tidak cukup bagi bank untuk menjadi satu-satunya pendukung, karena kebutuhan UMKM lebih dari sekadar pendanaan. Meskipun pendanaan dapat mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh UMKM, itu bukan satu-satunya faktor yang diperlukan untuk pengembangan mereka.”