Mentan Serahkan 10.000 Polybag Tanaman Pekarangan dalam Program Pangan Lestari

by -46 Views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh bersama Penjabat Ketua TP PKK Sulsel, Ninuk Triyanti Zudan, menghadiri Pembukaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga di Gedung AAS, Jalan Urip Sumiharjo, Kamis, 22 Agustus 2024. Acara ini dibuka oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Dalam sambutannya, Prof Zudan menyampaikan terima kasih kepada pengurus Forkopimda Sulsel serta Ketua TP PKK kabupaten dan kota, dan mendorong untuk mengimplementasikan hasil bimtek ini di lapangan. Dia juga mengucapkan terima kasih atas fasilitasi dari Kementerian Pertanian dan dukungan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja Indonesia Maju (OASE KIM) untuk Sulsel.

“Kepada kelompok wanita tani yang luar biasa, saya titipkan untuk terus mengembangkan upaya kita dalam mendorong hortikultura di skala perumahan dan rumah tangga,” ujarnya.

Prof Zudan menjelaskan bahwa saat ini bersama Kementerian Pertanian, mereka menghidupkan kembali tanaman kopi, kakao, pala, dan kelapa dengan dana APBN dan APBD sebesar 12 juta bibit tanaman jangka panjang.

Dia juga mengapresiasi tambahan pupuk subsidi sebanyak 877 ribu ton dan pompanisasi sebanyak 4.355 unit untuk Sulsel yang sangat membantu di musim kemarau.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengapresiasi dukungan dari Pemprov Sulsel. “Kami mengapresiasi kesediaan Pak Gubernur sebagai tuan rumah sehingga acara ini dapat berjalan lancar. Program Pangan Lestari harus ditingkatkan di seluruh Indonesia,” ujarnya.