Bappebti Menghentikan Akses ke Situs Perdagangan Komoditi yang Ilegal

by -72 Views

Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal Diblokir oleh Bappebti

INFO NASIONAL – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah melakukan pemblokiran 1.855 situs web yang melakukan kegiatan penawaran di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) ilegal sepanjang tahun 2023. Kegiatan ini tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang PBK. Tujuan dari pemblokiran ini adalah untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian serta memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha di bidang PBK.

“Penawaran untuk kegiatan promosi, iklan, dan/atau pelatihan perdagangan berjangka komoditi ilegal masih marak terjadi di Indonesia melalui media sosial, situs web, maupun aplikasi ponsel pintar (smartphone). Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati terhadap penawaran yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Plt. Kepala Bappebti, Kasan.

Kasan menjelaskan bahwa Bappebti secara rutin dan berkelanjutan melakukan upaya preventif dan represif untuk menjaga agar masyarakat merasa aman dan terhindar dari modus penipuan serta potensi kerugian dari kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal. Masyarakat juga diharapkan aktif dalam melaporkan ke Bappebti apabila menemukan adanya penawaran kegiatan ilegal di bidang PBK melalui saluran media sosial resmi milik Bappebti atau datang langsung ke kantor Bappebti.

“Upaya ini sebagai kolaborasi antara Bappebti dengan masyarakat dalam memberantas kegiatan ilegal di bidang PBK. Bappebti berharap semakin banyak kolaborasi yang dibangun antara Bappebti dengan masyarakat, maka akan lebih optimal dalam upayapemberantasan aktivitas PBK ilegal yang sedang berlangsung,” jelas Kasan.

Di kesempatan yang sama, Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan, Aldison, menegaskan bahwa setiap pihak yang melakukan kegiatan PBK di Indonesia wajib memiliki izin dari Bappebti serta tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

“Entitas ilegal yang hendak melakukan kegiatan usaha di Indonesia harus mengajukan perizinan kepada Bappebti sebelum beroperasi. Jika ditemukan kegiatan PBK tanpa izin, Bappebti akan mengambil langkah hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Aldison.

Situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal yang telah diblokir oleh Bappebti dapat dinormalisasi jika entitas pemilik situs tersebut beritikad baik untuk mengurus perizinan. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pembinaan terhadap entitas ilegal agar patuh pada ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang PBK dan membentuk iklim persaingan usaha yang sehat.

“Pastikan legalitas perusahaan sebelum bertransaksi dan tidak tergiur dengan penawaran iming-iming keuntungan yang tidak wajar. Ketahui profil dan legalitas pelaku usaha di bidang PBK dengan mengakses situs web resmi Bappebti melalui tautan https://ceklegalitas.bappebti.go.id/ sebelum melakukan transaksi,” tambah Aldison.(*).

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1829956/bappebti-blokir-1-855-situs-internet-entitas-perdagangan-berjangka-komoditi-ilegal

Source link