Andi Amran Sulaiman Ancam Tindak Pengusaha yang Mempersulit dan Memainkan Harga Pupuk untuk Petani di Palopo

by -77 Views

Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Palopo, Sabtu (03/02/2024). Agenda kunjungan kerja Mentan ini adalah untuk menghadiri bimbingan teknis (Bimtek) atau temu teknis Pekebun 2024 yang dilaksanakan di lapangan Pancasila Kota Palopo. Sebelum menghadiri Bimtek, Amran Sulaiman terlebih dahulu menghadiri penanaman padi di Jl. Yogi S Memet Kota Palopo.

Di lapangan Pancasila, Amran meninjau dan melihat hasil perkebunan serta proses produksi hasil kebun masyarakat Kota Palopo. Di tempat ini, Amran juga mengunjungi stand UMKM yang ada di area kegiatan temu teknis pekebun 2024 yang dihadiri ribuan orang.

Amran Sulaiman menyampaikan bahwa dalam 2 bulan ini dirinya telah berkeliling di 13 provinsi dengan tujuan ingin mengetahui kendala yang dihadapi pekebun Indonesia. “Indonesia mengalami dampak El-Nino, yang mengakibatkan terjadinya penanaman mundur. Untuk itu, kita melakukan peningkatan produksi padi dan jagung, guna menjaga ketahanan pangan Indonesia,” kata Amran.

Amran menambahkan bahwa pangan identik dengan ketahanan negara, oleh karena itu petani, pekebun, peternak, dan yang bergerak di sektor perikanan adalah pahlawan yang sesungguhnya. Pada kesempatan ini, Amran juga berdialog langsung dengan petani dan penyuluh pertanian yang mengeluhkan ketersediaan pupuk.

Terkait pupuk, kata Amran, Kementerian Pertanian telah meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk penambahan pupuk di tahun 2024, sehingga kini nilainya menjadi 14 triliun atau sebanyak 2.5 juta ton.