Dua Cadangan Migas di Laut Indonesia Menjadi Pokok Acara Jackpot!

by -93 Views

Industri hulu minyak dan gas telah membawa kabar gembira sepanjang tahun 2023. Salah satu temuan paling fenomenal adalah dua cadangan gas raksasa di lepas pantai Indonesia yang patut disyukuri.

Pertama, pada bulan Oktober lalu, perusahaan migas ENI dari Italia menemukan cadangan gas besar di lepas pantai Kalimantan Timur. Penemuan gas berasal dari sumur eksplorasi Geng North-1 di PSC Ganal Utara, sekitar 85 km dari Kalimantan Timur, Indonesia. Cadangan gas dari sumur eksplorasi Geng North-1 di WK North Ganal ini sebesar 5 TCF dengan kandungan kondensat diperkirakan mencapai 400 Mbbls.

Kemudian, di penghujung tahun 2023, perusahaan Mubadala Energy dari Uni Emirat Arab mengumumkan penemuan besar cadangan gas bumi di WK South Andaman dengan potensi lebih dari 6 triliun kaki kubik.

Kedua temuan cadangan gas raksasa di lepas pantai Kalimantan Timur dan Aceh membawa harapan besar bagi Indonesia sebagai produsen gas terkemuka di masa depan. Temuan ini masuk dalam ranking 2 dan 3 temuan terbesar gas di dunia sepanjang tahun 2023.

Penemuan ini akan membuat Indonesia kembali menjadi pusat perhatian industri minyak dan gas dunia. Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menyatakan bahwa penemuan cadangan gas ini sejalan dengan target Pemerintah Indonesia untuk mencapai produksi minyak bumi sebesar 1 juta barrel per hari dan gas bumi sebesar 12 miliar kaki kubik per hari di tahun 2030.