Banyuwangi Catat Rekor Kunjungan Wisatawan 44.763 Orang Selama Libur Natal

by -114 Views

Kunjungan wisatawan ke Banyuwangi, Jawa Timur, melonjak pada libur Natal, 22-25 Desember 2023. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi mencatat, selama periode tersebut kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke Bumi Blambangan mencapai 44.763 orang.

Destinasi wisata favorit para pelancong, diantaranya Pulau Merah dengan 9.105 orang pengunjung, Djawatan 4.687, Pantai Cacalan 4.557, Jopuro 4.463, dan Grand Watudodol 3.665 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Mohammad Yanuarto Bramuda, mengungkapkan bahwa lonjakan kunjungan wisatawan ini membawa angin segar bagi Banyuwangi. Okupansi hotel pun turut meningkat, bahkan seluruh hotel di Banyuwangi sudah fully booked.

Disbudpar terus melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di beberapa destinasi wisata untuk memaksimalkan penerimaan kunjungan wisatawan. Pihaknya juga telah membentuk tim monev untuk melakukan kontrol dan pengawasan di berbagai sektor pariwisata yang ada di Banyuwangi.

Bram juga menekankan bahwa libur Natal merupakan momentum kebangkitan pariwisata khususnya di Banyuwangi. Selain itu, kehadiran para wisatawan juga membawa keuntungan bagi para pelaku UMKM di kawasan destinasi wisata.

Kehadiran para wisatawan tersebut juga mendorong peningkatan pelayanan. Dengan adanya program monev destinasi, diharapkan wisatawan dapat merasa puas dan betah di Banyuwangi.