Bertemu Petani, Danrem 142/Tatag Menyebut Ketersediaan Pangan dan Air Bersih Sebagai Ancaman Baru

by -108 Views

Komandan Korem 142/Tatag, Brigjen TNI Deni Rejeki, menanam padi bersama Forkopimda Polewali Mandar di Desa Katumbangan, Kecamatan Campalagian, pada hari Senin (18/12/2023).

Setelah kegiatan penanaman padi, dilanjutkan dengan pertemuan dengan para petani setempat. Dalam pertemuan tersebut, Deni Rejeki menyatakan bahwa ancaman saat ini dan ke depan bukan lagi dalam bentuk perang konvensional. Namun, ancaman tersebut adalah dari segi ketersediaan pangan, air bersih, dan sumber daya energi.

Menurutnya, TNI Angkatan Darat saat ini sedang berpartisipasi dan berperan dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan. Melalui satuan teritorial seperti Kodim dan Koramil, TNI melakukan pendampingan pertanian dan penyediaan air bersih untuk masyarakat.

Deni Rejeki juga menyebut bahwa TNI telah bekerja sama dengan dinas pertanian setempat untuk memanfaatkan lahan kosong milik TNI dan lahan tidur milik masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, ia juga memerintahkan para Babinsa agar lebih aktif dalam pendampingan pertanian dengan harapan agar masyarakat tani lebih semangat.

Pewarta: Hasan Basri
Editor: Mahrus Sholih

Sumber: SUARA INDONESIA