Operasional Bandara Internasional Dhoho Didorong oleh Khofifah Indar Parawansa untuk Mendorong Pertumbuhan Berbagai Sektor

by -91 Views

Bandara Internasional Dhoho Kediri Akan Segera Beroperasi, Gubernur Jawa Timur Tinjau Persiapan Bandara

Bandara Internasional Dhoho Kediri tidak lama lagi akan beroperasi. Kehadiran bandara ini diharapkan dapat membangkitkan perekonomian baru dan mendorong berbagai aspek.

Menjelang pengoperasian bandara tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan untuk melihat persiapan operasional bandara tersebut.

Khofifah berharap, berbagai aspek seperti ekonomi, pendidikan, budaya, dan interaksi antarbangsa ikut bergerak dengan hadirnya bandara ini. Bandara ini disiapkan sebagai bandara internasional.

Bandara Internasional Dhoho memiliki panjang landasan pacu 3.300 meter x 45 meter, sehingga bisa didarati pesawat terbesar B777-300ER.

Khofifah menyatakan pembangunan suatu daerah tidak hanya dilakukan dengan pendekatan simetris, namun juga asimetris.

“Dengan kekuatan luar biasa ini, kita bisa membangun keseimbangan pertumbuhan pembangunan. Keseimbangan itulah yang sering saya tekankan bahwa tidak bisa membangun suatu daerah dengan pendekatan simetris, maka harus dilakukan pendekatan asimetris, karena ada beberapa kebutuhan infrastruktur yang harus ditambahi baik fasilitas,” ujar Khofifah saat meninjau Bandara Dhoho Kediri di Kediri.

Nantinya, di Kediri juga akan ada berbagai infrastruktur penunjang termasuk jalan tol Kediri-Tulungagung. Adanya infrastruktur tersebut dapat menjadi daya dukung bagi Bandara Internasional Dhoho.

“Para lembaga pendidikan juga harus bersiap untuk meningkatkan kualitas karena mungkin berbagai interaksi global internasional juga akan memberikan dukungan dalam pengembangan kualitas SDM di wilayah Kediri raya ini,” tambah Khofifah.