Rheza brings CBR250RR to victory in AP250, Astra Honda’s rider dominates Asian races

by -108 Views

Redaksi – 04 Desember 2023 | 15:12 – Dibaca 26 kali

Rheza, Pebalap Astra Honda Juara AP250 (Foto: PT AHM/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JAKARTA – Rheza Danica Ahrens, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), secara resmi meraih gelar juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kelas Asia Production (AP250) untuk kedua kalinya. Prestasi ini diraih setelah menyelesaikan balapan pamungkas di Chang International Circuit, Buriram, Thailand (13/2). Keberhasilan Rheza ini menambah daftar kejayaan pebalap Astra Honda di ajang balap Asia tahun ini, yang meliputi raihan Veda Ega Pratama sebagai juara Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2023, dan Decksa Almer Alfarezel sebagai juara Thailand Talent Cup (TTC) 2023.

Pada seri terakhir ARRC 2023, pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) tetap mengukuhkan dominasinya di kelas AP250. Veda berhasil meraih podium pertama pada race pertama, diikuti oleh Herjun yang menempati podium kedua pada race kedua. Dengan hasil ini, pebalap Astra Honda telah mengumpulkan 104 podium di ajang ARRC di semua kelas sejak 2014.

Selain itu, CBR250RR produksi PT Astra Honda Motor (AHM) juga membawa ketiga pebalapnya, Rheza, Herjun Atna Firdaus, dan Veda, mampu menjaga posisi tiga klasemen teratas pebalap di musim 2023 sejak seri kedua bulan Mei. Dengan bantuan CBR250RR, AHRT meraih lima kali juara kelas AP250, dan mendominasi juara tim pada tahun 2017, 2018, 2019, 2022, dan 2023.

Pada seri keenam ARRC, Veda tampil impresif dengan mencatatkan waktu terbaik pada sesi latihan bebas dan sesi kualifikasi. Ia juga berhasil mengukuhkan podium pertama pada race pertama. Namun, Rheza dan Herjun harus bekerja keras untuk meraih podium karena sempat tertinggal dari pebalap lain di grup terdepan. Pada race kedua, Veda mengalami kekecewaan karena terjatuh, sedangkan Rheza dan Herjun berhasil meraih podium kedua dan kedelapan.

Rheza meraih juara klasemen pebalap dengan poin 206 dan 7 podium, diikuti oleh Herjun dengan 198 poin dan 8 podium, serta Veda dengan 160 poin dan 7 podium. Di kelas Supersport (SS600), M. Adenanta Putra yang start dari posisi ke-10 berhasil menyelesaikan balapan dengan finis di posisi ke-6 pada race pertama, namun terjatuh pada race kedua. Sementara itu, Aditama Fadillah Arbi, pengganti Gerry Salim yang sedang pemulihan cedera, harus menyelesaikan balapan lebih awal karena terjatuh.

Selain prestasi dari pebalap muda Astra Honda, Andi Farid Izdihar, pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang berlaga dengan Honda Asia-Dream Racing, meraih podium pertama dan kedua pada kelas Asia Superbike (ASB1000). Dalam musim perdananya, Andi Gilang berhasil meraih 1 podium pertama, 3 podium kedua, dan total poin 178,5.

Marketing Director AHM, Octavianus Dwi, mengapresiasi prestasi para pebalap Astra Honda dan berharap dapat menghasilkan lebih banyak pebalap Indonesia berprestasi di level balap dunia. Disamping itu, Decksa Almer Alfarezel juga berhasil meraih juara musim 2023 pada Thailand Talent Cup (TTC), bersama M. Kiandra Ramadhipa.

Decksa dan Ramadhipa menunjukkan performa impresif pada laga terakhir TTC, dengan Decksa finis di posisi kedua dan Ramadhipa di posisi kedelapan. Decksa mengumpulkan 243 poin dari 5 podium pertama, 3 podium kedua, dan 2 podium ketiga. Sementara Ramadhipa menutup musim ini di peringkat tiga dengan 166 poin.

Pencapaian ini merupakan hasil dari program penjenjangan balap yang diharapkan dapat mendorong semakin banyak pebalap Indonesia meraih prestasi di kompetisi balap dunia.