Presiden Jokowi Setujui Permintaan Nelayan Cilacap Terkait Penolakan PIT dan Sistem Kuota

by -104 Views

Presiden Jokowi Kabulkan Tuntutan Nelayan Cilacap Soal Penolakan PIT dan Sistem Kuota

SUARA INDONESIA, CILACAP – Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan dengan puluhan nelayan yang tergabung dalam Solidaritas Nelayan Indonesia (SNI) di Jakarta pada Kamis (30/11/2023), termasuk nelayan Cilacap.

Dalam pertemuan tersebut, nelayan menyuarakan aspirasinya terkait Usaha Perikanan Tangkap dan Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dinilai memberatkan. Aspirasi tersebut mendapat respon positif dari Presiden Jokowi dengan menyatakan akan membatalkan kebijakan penangkapan ikan terukur (PIT) dan sistem kuota zona.

Hal ini disampaikan oleh Agustina, salah satu Pengusaha Perikanan asal Cilacap yang turut hadir dalam pertemuan itu mewakili nelayan saat dikonfirmasi usai kembali dari Jakarta. Menurutnya, kebijakan KKP tersebut tidak efektif dan merugikan serta rawan menimbulkan konflik. Ia juga menyatakan bahwa para nelayan merasa keberatan dengan peraturan tersebut.

Agustina juga menyampaikan tuntutan lainnya, seperti penurunan PNBP, penolakan kapal asing dan pemodal asing, penolakan migrasi dan VMS, serta penolakan PBB laut. Presiden pun merespon baik tuntutan tersebut.

Berita ini disadur dari SUARA INDONESIA

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih