PGRI dan Pemkab Tuban Berkomitmen untuk Meningkatkan Kesejahteraan Guru

by -160 Views

Irqam – 28 November 2023 | 21:11 – Dibaca 180 kali

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional 2023 merupakan momentum bagi PGRI Kabupaten Tuban, Jawa Timur dalam memajukan pendidikan dan kesejahteraan guru. Komitmen ini dilakukan untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul.

Semangat PGRI Tuban ini terlihat dalam forum dialog bertajuk Sambung Rasa dan Sarasehan Pendidikan, di Gedung Graha Dwija, pada Selasa (28/11/2023). Narasumber dalam dialog tersebut adalah Bupati Aditya Halindra Faridzky, Ketua DPRD Tuban M. Miyadi, Ketua Dewan Pendidikan Tuban Imam Hambali, dan Ketua Perkumpulan Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP-PT) PGRI Tuban Totok Supijanto.

Ketua PGRI Tuban, Witono, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut menjadi momentum PGRI Tuban dalam menyambung rasa antara semua pihak demi kualitas pendidikan yang lebih baik. Upaya tersebut membutuhkan peran yang besar dari pemangku kebijakan, para guru, pemerhati pendidikan, dan tokoh pendidikan untuk mengantarkan anak-anak menjadi generasi unggul pada masa mendatang.

Dialog Sambung Rasa dan Sarasehan Pendidikan menjadi agenda awal dari kegiatan peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional 2023. Selanjutnya, akan dilaksanakan senam sehat yang diikuti oleh 2023 guru TK se-Kabupaten Tuban bertempat di Graha Dwija, diikuti dengan kegiatan jalan sehat bersama guru, donor darah, dan bakti sosial untuk warga membutuhkan.

Selain itu, juga akan diadakan lomba-lomba yang diikuti oleh para guru, yang nantinya akan menyinergikan tujuan pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat sejahtera, berkeadilan, berdaya saing, dan berbudaya. Demikian pula untuk wawasan lingkungan melalui program “mbangun deso noto kutho”.

Witono juga menegaskan bahwa PGRI Tuban siap membantu memberikan beasiswa atau keringanan biaya kuliah untuk anak-anak guru yang belum kuliah, dan beasiswa untuk lanjut S2 bagi para guru S1 yang berprestasi.

Bupati Aditya Halindra Faridzky mengatakan bahwa upaya untuk memajukan pendidikan di Tuban telah dilakukan melalui kebijakan prioritas untuk menjamin pendidikan yang layak bagi anak-anak di Tuban. Hingga akhir tahun 2023, Pemkab Tuban telah memperbaiki ratusan ruang kelas sekolah dan menyediakan angkutan gratis bagi siswa.

Dengan berbagai program ini, diharapkan pendidikan di Kabupaten Tuban dapat semakin maju dan memberikan dampak positif bagi siswa-siswi serta masyarakatnya.