Pertemuan CEO TikTok dengan Jokowi Akan Dilaksanakan Pekan Depan, Dalam Diskusi Bahas Peluang Buka E-Commerce

by -132 Views

Selasa, 24 Oktober 2023 – 16:58 WIB

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki mengungkapkan bahwa CEO TikTok, Shou Zi Chew, akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan depan terkait perizinan TikTok Shop di Indonesia.

Teten menyatakan bahwa CEO TikTok sudah mengajukan permohonan bertemu dengan Presiden Jokowi. Pertemuan tersebut direncanakan akan dilakukan pekan depan.

“TikTok sebagai perusahaan asing, termasuk dalam bidang e-commerce, telah mengajukan pertemuan dengan Presiden, dan Indonesia terbuka dengan investasi asing,” kata Teten di Jakarta pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Teten juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah telah mengatur bahwa perusahaan e-commerce yang ingin beroperasi di Indonesia harus membuka kantor di Indonesia. Oleh karena itu, izin menggunakan media sosial untuk e-commerce tidak lagi diberikan.

“Perusahaan harus mengikuti aturan dengan membuka kantor di Indonesia dan mendapatkan izin. Media sosial dan e-commerce tidak boleh lagi digabungkan dalam satu platform,” ujarnya.

Dengan demikian, Teten menyebut bahwa TikTok akan membuka e-commerce di Indonesia. Dia yakin bahwa TikTok Shop akan mengurus izin karena pendapatannya yang besar.

“Tentu saja mereka akan membuka e-commerce karena menguntungkan. Pendapatan mereka sebelumnya mencapai Rp 8 triliun-Rp 9 triliun per bulan dari sini, jumlah yang cukup besar. Tidak mungkin mereka pergi,” jelasnya.