UMKM Binaan BRI, MINIMIZU Memperkenalkan Keunikan Dekorasi Alam di Pameran Kriyanusa 2024

by -45 Views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Rumah BUMN (RB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, yakni MINIMIZU ikut berpartisipasi menampilkan keunikan produknya di Kriyanusa, pameran kerajinan dan seni kriya yang dihelat paga 28 Agustus – 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Brand di bidang seni kreatif yang berasal dari Ciputat Tangerang Selatan ini digagas oleh pasangan suami istri Bernama Agri dan Irna. Saat diwawancarai pada pameran, Irna menjelaskan bahwa MINIMIZU didirikan sejak 2020 yang bermula dari hobi sang suami.

“MINIMIZU sendiri produknya spesifik ke natural decoration atau home dekor yang semuanya serba natural,” ujarnya. Terdapat beberapa macam produk, seperti aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art. UMKM ini memproduksi produk unik yang menyediakan berbagai macam bentuk model dan design sesuai permintaan konsumen.

Dijual secara offline dan online, MINIMIZU memiliki sistem pre-order, yang dikerjakan selama 5 hari hingga empat minggu tergantung volume dan tingkat kerumitan produk. Pasangan suami istri ini juga memberdayakan sebanyak empat karyawan di rumahnya untuk membantu proses produksi. Adapun produk yang paling unik, yakni paludarium yang merupakan gabungan antara air dengan darat, menampilkan hiasan setengah air dan di atasnya terdapat tanaman darat.

Irna pun bercerita, awal mula usahanya bergabung dengan Rumah BUMN BRI yakni melalui program inkubator bisnis bernama BRInkubator. Program ini merupakan pengembangan bagi pelaku UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha. MINIMIZU mendaftar dan mengikuti programnya pada tahun lalu, hingga berhasil menjuarai di Peringkat 1 di BRInkubator.