PT Vale Memenangkan Tujuh Penghargaan di EPSA 2024 dengan Keberlanjutan Terbaru

by -38 Views

Penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) dalam tata kelola perusahaan sangat penting, karena dapat memberikan dampak positif bukan hanya bagi perusahaan yang menerapkannya, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Terutama jika penerapannya dilakukan dengan komitmen kuat dan inovasi teknologi.

Berdasarkan dedikasi beberapa perusahaan dalam menerapkan inovasi teknologi untuk pelestarian lingkungan yang berkontribusi pada tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Universitas Diponegoro (UNDIP) melalui Departemen Teknik Lingkungan memberikan penghargaan Eco-tech Pioneer and Sustainability Award (EPSA) 2024.

EPSA adalah penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen besar dalam menciptakan inovasi teknologi untuk menjaga dan melindungi lingkungan. Terdapat tujuh kategori dalam EPSA 2024, yaitu Eco-Hazard Innovation, Hydro Smart Innovation, Community Development, Eco-Cycle Innovation, Low Carbon Innovation, Ecosystem Protection, dan Green Power Innovation, yang semuanya berkaitan dengan inovasi dalam menjaga keberlanjutan alam dan pembangunan berkelanjutan. PT Vale Indonesia tbk (PT Vale) berhasil meraih tujuh penghargaan dalam ajang EPSA 2024, menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu (31/8/2024) di Semarang, Jawa Tengah oleh Departemen Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro.

Penghargaan yang diraih mencakup dua Gold Winner untuk kategori Green Power dan Low Carbon Innovation, dua Silver untuk Eco-Hazard Innovation dan Ecosystem Protection Innovation, serta tiga Bronze untuk Eco-Cycle Innovation, Hydro Smart Innovation, dan Community Development. Penghargaan ini menunjukkan apresiasi yang signifikan terhadap upaya keberlanjutan PT Vale, sejalan dengan pengakuan dari KLHK dan ESDM berupa predikat GREEN PROPER dan trophy adhitama Good Mining Practice.