Manfaatkan KUR BRI, Zialova Batik Sukses Berubah Menjadi Produsen Fashion Lokal Terpopuler di Pekalongan

by -61 Views

FAJAR.CO.ID, PEKALONGAN – Saat mengunjungi Pekalongan, batik selalu menjadi salah satu oleh-oleh yang dicari. Berbagai motif dan desain terkini selalu menarik perhatian. Produsen batik terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu produsen batik dan fashion lokal yang terkenal di Pekalongan adalah Zialova Batik. Dengan produk fashion beragam mulai dari daster, gamis, hingga mukena, usaha yang didirikan oleh Nur Afidatul Azimah telah berdiri sejak 2017.

Afida, pemilik Zialova Batik, memulai bisnisnya sebagai reseller. Saat menjadi penjahit rumahan, penjualan online belum begitu ramai, sehingga ia mencoba membuka toko online di marketplace.

“Saya dulunya penjahit rumahan, lalu karena saya tipe orang yang tidak suka diam saja. Pada tahun 2017, saya mencoba menjadi reseller. Saya menjual kain batik yang saya beli dari toko-toko, kemudian saya foto sendiri dan diposting di marketplace. Seiring berjalannya waktu, pesanan semakin meningkat. Awalnya hanya 1-2 kodi, tapi terus bertambah dan akhirnya kita harus menyediakan stok di rumah,” katanya.

Dengan bertambahnya permintaan pesanan, ia kemudian membuka toko di Pasar Banjarsari, Kota Pekalongan pada tahun 2018. Tak disangka, ini menjadi awal dari peningkatan pelanggan dan reseller.

Zialova Batik menyajikan berbagai variasi produk yang sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat saat ini. Beberapa produk yang ditawarkan seperti mukena, daster, gamis, baju koko, dan sarung khusus untuk bulan Ramadan.