Usaha Bakpia yang Berdiri Sejak 1962 Ini Jadi Tempat Oleh-Oleh Favorit di Yogyakarta dan Penerima KUR BRI

by -132 Views

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA — Konsistensi merupakan kunci penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Tidak semua pelaku usaha mampu konsisten dalam mengelola bisnis mereka hingga puluhan tahun. Dibutuhkan ketekunan dan kerja keras agar bisnis terus berjalan dan produknya bisa melekat di hati konsumen.

Hal ini terbukti dari pengalaman Riyanto, pemilik usaha Bakpia Kurnia Sari. Usahanya yang berlokasi di Ringroad Barat Yogyakarta selalu ramai dikunjungi oleh konsumen, terutama saat musim liburan.

Riyanto sebenarnya bukan pemilik asli dari Bakpia Kurnia Sari. Dia meneruskan usaha yang diwariskan oleh kedua orang tuanya. Usaha ini didirikan sejak tahun 1962, namun pada awalnya bisnis bakpia yang dirintis oleh orang tuanya tidak berjalan dengan lancar.

Penjualan produk dilakukan secara door to door. Barulah pada tahun 1985, Riyanto mulai mengambil alih dan melakukan berbagai perbaikan, termasuk dalam memperbarui resep bakpia agar rasanya lebih disukai oleh masyarakat.

“Sebelum memiliki toko sendiri, saya dan keluarga hanya berkeliling menjual bakpia dari satu tempat ke tempat lain. Pada saat itu kami juga belum memiliki karyawan. Jadi proses produksi masih dilakukan sendiri, mulai dari membuat adonan bakpia hingga mengisi isinya. Saat ini saya telah memiliki 10 outlet Bakpia Kurnia Sari di seluruh Yogyakarta. Bahkan, jumlah karyawan yang terlibat dalam produksi mencapai sekitar 200 orang,” ujar Riyanto.