Kantor Perwakilan LPS Resmi Beroperasi di Graha Pena, Kota Makassar

by -58 Views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Guna meningkatkan layanan kepada masyarakat dan memperkuat kepercayaan nasabah bank, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah membuka Kantor Perwakilan LPS III di Makassar.

Peresmian kantor LPS di Makassar dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Keuangan, Since Erna Lamda.

Acara peresmian juga dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih, Anggota Dewan Komisioner Bidang Program Penjaminan Simpanan dan Resolusi Bank Didik Madiyono, serta Wakil Ketua MPR RI, Amir Uskara.

Dalam pidatonya, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan bahwa pemilihan Makassar sebagai lokasi kantor perwakilan LPS didasari oleh pertimbangan bahwa Makassar adalah salah satu daerah penggerak ekonomi Sulawesi secara umum.

Purbaya menekankan bahwa Makassar memiliki pertumbuhan ekonomi yang positif, terlihat dari angka pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan pada triwulan I-2024 sebesar 4,82% (yoy).

Hal ini juga tercermin dari pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) di Sulawesi Selatan hingga Februari 2024 mencapai 8,42% (yoy) dengan jumlah Rp127,19 triliun serta aset perbankan mencapai Rp190,95 triliun, terdiri dari aset Bank Umum sebesar Rp187,30 triliun dan aset BPR sebesar Rp3,65 triliun.

“Dengan kehadiran Kantor Perwakilan LPS di Makassar, anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Provinsi Sulawesi Selatan telah lengkap, terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan,” ungkap Purbaya.