Dalam Satu Malam, Kekayaan Konglomerat Meningkat Rp46,6 Triliun, Ini Deretan 10 Orang Terkaya di Indonesia

by -51 Views

FAJAR.CO.ID — Forbes Real Time Billionaires baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di dunia termasuk di Indonesia. Dalam daftar tersebut, terdapat seorang konglomerat yang berhasil meningkatkan harta kekayaannya sebesar US$ 2,9 miliar atau sekitar Rp 46,6 triliun dalam semalam.

Konglomerat tersebut yang mampu menaikkan harta kekayaan hingga US$ 2,9 miliar atau sekitar Rp 46,6 triliun dalam semalam adalah Prayogo Pangestu. Kenaikan ini membuat Prayogo Pangestu tercatat sebagai orang terkaya ke-25 di dunia dengan total kekayaan Rp1.023,59 triliun.

Menurut data Forbes, Prajogo adalah orang terkaya di Indonesia. Beliau adalah anak dari seorang pedagang karet yang mulai berbisnis perkayuan pada akhir tahun 1970-an.

Prajogo kemudian melebarkan sayap bisnisnya ke sektor petrokimia dengan mengakuisisi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Perusahaannya, Barito Pacific Timber, kemudian go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific.

Pertumbuhan bisnis terus dilakukan, dan pada tahun 2007, Barito Pacific mengakuisisi 70 persen saham Chandra Asri, sebuah perusahaan petrokimia yang juga terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Pada tahun 2011, Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Thaioil juga mengakuisisi 15 persen saham Chandra Asri pada Juli 2021.

Pada Maret 2023, Prajogo menjadikan perusahaan pertambangan batubara Petrindo Jaya Kreasi menjadi perusahaan publik dan melantai di bursa saham. Enam bulan kemudian, pada Oktober 2023, dia mendaftarkan anak perusahaannya yang bergerak di bidang energi terbarukan, yaitu Barito Renewables Energy.