Video Viral Uang Rp400 Juta Hilang, BRI Sebut Nasabah Ambil Sendiri dan Tertipu Investasi Bodong Tahun 2018

by -48 Views

BRI Merespons Video Viral Kasus Pencairan Uang Rp400 Juta Nasabah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – BRI telah memberikan tanggapan terhadap video viral di media sosial Tiktok dan Whatsapp yang memperbincangkan kasus hilangnya uang sebesar Rp400 juta milik nasabah bernama Sigit Presetya di BRI. Menurut BRI, informasi yang tersebar di media sosial @rakyatdotnews dan oleh www.rakyat.news pada bulan April 2024 tersebut perlu diperjelas sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Pemimpin Cabang BRI Makassar Panakkukang Ronald Roho menyatakan bahwa uang tersebut sebenarnya tidak hilang, melainkan Sigit Prasetya telah tergiur untuk melakukan investasi yang tidak resmi (bodong) yang ditawarkan oleh teman dekatnya yang merupakan mantan karyawan BRI bernama Zul Ilman Amir.

BRI sendiri telah melakukan penelusuran berdasarkan informasi dan dokumen-dokumen yang valid. Berikut adalah tiga fakta yang ditemukan oleh BRI:

1. Uang Ditarik Kembali Oleh Nasabah

Sigit Prasetya melakukan setoran dana ke BRI pada tanggal 29 Agustus 2018. Dia datang ke kantor BRI Unit Toddopuli, Makassar pada jam 14.04 dan melakukan setoran uang sebesar Rp400 juta. Hanya 49 detik kemudian, pada jam 14.05, Sigit melakukan penarikan uang dengan jumlah yang sama. Penarikan tersebut dilakukan karena Sigit memutuskan untuk membatalkan tabungan di BRI. Bukti transaksi setoran dan penarikan uang tersebut lengkap serta ditandatangani oleh Sigit sehingga transaksi penarikan tersebut sah dan valid.

2. Mempercayakan Uangnya Karena Faktor Kedekatan

Uang yang ditarik dari BRI kemudian diserahkan secara langsung oleh Sigit Prasetya kepada Zul Ilman Amir. Hal ini dilakukan karena adanya hubungan personal antara Sigit dan Ilman yang sudah bersahabat sejak kecil.