BRI Memperkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft untuk Terus Mendorong Inklusi Keuangan di Indonesia

by -91 Views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebagai pionir dalam inovasi layanan teknologi perbankan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menandatangani kemitraan strategis dengan Microsoft untuk meningkatkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di BRI. Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha, dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama pada Rabu (24/4).

Melalui kemitraan ini, BRI akan memperkaya inovasi dan solusi digital berbasis AI untuk meningkatkan operasional, pelayanan, dan pengalaman nasabah dalam menggunakan produk. Bersama Microsoft, BRI akan melakukan modernisasi platform conversational banking BRI, modernisasi manajemen workload IT BRI, eksplorasi teknologi kolaboratif untuk memperluas pangsa pasar BRI, serta meningkatkan kapabilitas digital, IT, dan keterampilan teknis para pekerja BRI.

Arga menyatakan bahwa kemitraan ini memiliki potensi besar bagi BRI untuk memberikan pengalaman terbaik dan inklusif bagi nasabah. “Kami menggunakan teknologi terbaru dari Microsoft seperti Generative AI dari Microsoft Azure untuk pengembangan chatbot Sabrina,” tambahnya.

Sejak tahun 2018, chatbot BRI yang dikenal sebagai Sabrina terus dikembangkan agar dapat memahami dan menjawab berbagai pertanyaan nasabah. Dengan Large Language Modelling (LLM), Sabrina mampu memahami berbagai bahasa nasabah. Dengan teknologi ChatGPT melalui Layanan Azure OpenAI, Sabrina juga dapat memahami berbagai bahasa daerah Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Padang, dan lainnya.