Cara Jual Masakan Jawa di Makassar dengan gaya Dapur Solo

by -51 Views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dapur Solo membuka outlet ke-44 di Trans Studio Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar. Makanan khas Jawa yang kental dengan rasa manisnya, menjadi tantangan sendiri untuk dipasarkan di Ibu Kota Sulawesi Selatan itu.

“Kita memang dari awal berpikiran orang Makassar sukanya pedas-pedas,” kata Branch Manager Dapur Solo, Nurdina Dian saat ditemui usai usai peresmian outlet pertama Dapur Solo di Indonesia Timur itu, Minggu (7/4/2024).

Nurdina Dian mengungkapkan, pihaknya pada akhir tahun 2023 telah melakukan persiapan ekspansi ke Indonesia bagian timur. Makassar, yang disebut sebagai pintu gerbang jadi titik mula.

“Bali empat bulan lalu cukup baik tanggapannya. Itu buat kita percaya diri akan dapat animo baik di Makassar,” ucapnya.

Namun ia tak menampik, makanan Jawa yang kental dengan rasa manisnya, jadi tantangan Dapur Solo di Makassar. Tapi ia mengaku telah menyiapkan strategi.

“Kita memang punya pilihan menu pedas seperti ikan gurame, pilihan sambal cukup banyak. Tapi memang kita ke depan ingin mengembangkan menu pedas, dan mencoba di Dapur Solo Makassar,” bebernya.

“Menu-menu yang lain, pedas dan gurih kita sudah punya pilihannya. Kayak tadi pecel gurame, ada lagi ikan asap, yang kita pikir lumayan cocok dengan lidah masyarakat Makassar,” tambahnya.

Usaha kuliner yang dipayungi PT Eatwell Culinary Indonesia itu, merencanakan ekspansi selanjutnya ke pulau-pulau lain di Indonesia. Seperti Kalimantan dan Sumatera.

“Kita mau tidak cuma di Jabodetabek aja kita besarnya. Kita juga mau di Sulawesi, Sumatera, atau bahkan di Kalimantan. Supaya tradisi kuliner resep makan Jawa bisa tetap lestari,” ujarnya.