Prabowo Subianto-Gibran Unggul Telak di Pilpres karena Dukungan dari Pemilih Muda

by -82 Views

Jakarta – Indikator telah merilis hasil penelitian dari exit poll Pilpres 2024, Rabu (21/2) yang menunjukkan mengapa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul secara signifikan dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

Peneliti utama dari Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan bahwa terdapat kesalahan anggapan bahwa pemilih generasi muda memiliki kemungkinan kecil untuk menggunakan hak pilih mereka. Menurut Indikator, generasi muda yang menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari ternyata melebihi proporsi nasional.

“Terbukti bahwa dari gen Z yang menggunakan hak pilihnya dalam sampel kita sebesar 23%. Sementara proporsi nasionalnya 22%. Hal ini menunjukkan bahwa asumsi bahwa generasi muda cenderung golput tidak benar. Faktanya, dari wawancara exit poll ini, jumlah generasi muda yang menggunakan hak pilihnya justru lebih besar daripada proporsi nasional. Bahkan jika kita jumlahkan, mencapai 58,7% (total gen Z dan generasi milenial),” jelas Burhanuddin.

Menurut Burhan, faktor ini menjadi salah satu alasan mengapa Prabowo-Gibran unggul secara signifikan. Burhanuddin menyatakan bahwa pendukung pasangan tersebut datang ke TPS, terutama dari kalangan usia muda. Semakin muda pemilih, semakin banyak yang memilih Pak Prabowo. Gen Z dan generasi milenial memiliki proporsi pengguna hak pilih yang lebih besar daripada proporsi nasional pada tanggal 14 Februari kemarin.

“Kita memiliki bukti mengapa Pak Prabowo unggul secara signifikan, salah satunya adalah basis pendukungnya dari kalangan muda yang melakukan pemungutan suara lebih banyak. Malah golput yang banyak berasal dari pendidikan kelas menengah bawah,” lanjutnya.

Exit poll Indikator Politik ini dilakukan di 3.000 TPS yang tersebar di setiap daerah pemilihan. Sampel dipilih menggunakan metode stratified two-stage random sampling dengan 2.975 responden yang diwawancara.

Tingkat margin of error atau toleransi kesalahan sebesar +/- 1,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Exit poll sendiri adalah metode untuk mengetahui pendapat publik yang dilakukan segera setelah seseorang keluar dari bilik suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Biasanya, pertanyaan yang diajukan tidak terlalu banyak, namun salah satu informasi yang diungkap dalam exit poll adalah alasan memilih agar distribusi suara pemilih dapat diketahui dengan lebih detail. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/indikator-politik-ungkap-alasan-prabowo-subianto-gibran-unggul-telak-di-pilpres-pemilih-muda/

Source link