Labanya PT Vale Naik 37 Persen di Tahun 2023, Menjadi Tahun Terbaik

by -172 Views

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mengumumkan capaian kinerja keuangan yang telah diaudit untuk tahun 2023 pada hari ini, Senin (12/2/2024). Laba tahun berjalan sebesar AS$274,3 juta atau 37% lebih tinggi dibandingkan dengan laba yang dicatat pada tahun 2022.

CEO dan Presiden Direktur Perseroan PT Vale, Febriany Eddy, dalam rilis resminya mengatakan pada tahun 2023 merupakan tahun yang luar biasa bagi PT Vale dalam banyak hal.

“Kami terus memenuhi janji kami, mencatat peningkatan produksi sebesar 18% dan EBITDA yang kuat sebesar AS$499,6 juta. Meskipun menghadapi situasi pasar yang kurang menguntungkan, kedisiplinan dalam operasional dan keuangan yang kami lakukan membuahkan hasil keuangan yang baik. Kami juga berhasil mencatat saldo kas yang tidak dibatasi penggunaannya menjadi AS$698,8 juta pada akhir tahun. Kami sedang berinvestasi,” kata Febriany Eddy.

Febriany menyebut saldo kas yang kuat ini akan memungkinkan PT Vale untuk terus mencapai kemajuan yang baik dalam proyek-proyek pertumbuhan.

“Hasil yang baik ini tentunya didukung oleh peningkatan kinerja keselamatan kami, Dimana Total Recordable Injury Frequency Rate (TRIFR) kami turun dari 0,64 pada tahun lalu menjadi 0,31, dan kami telah menerima peringkat lingkungan PROPER Hijau (melampaui ketaatan) dari Pemerintah, untuk keempat kalinya,” jelas Febriany.

Febriany juga mengungkapkan tahun 2023 juga merupakan tahun yang bersejarah. Pada akhir bulan Maret, Presiden Joko Widodo mengunjungi Sorowako untuk meresmikan Taman Keanekaragaman Hayati Sawerigading Wallacea, dimana kunjungan Presiden terakhir dilakukan 45 tahun yang lalu.