Seriusnya Kolaborasi HIPMI dan OCBC Syariah untuk Meningkatkan Usaha Muslimpreneur di Makassar

by -134 Views

UMKM Syariah memiliki peran penting dalam kemajuan perekonomian suatu bangsa, termasuk Indonesia yang ingin menjadi pusat industri halal dunia di tahun 2024. OCBC Syariah bekerjasama dengan Makna & co untuk menggelar acara Sharia Inspiration dengan tema “Menjadi Muslimpreneur Penuh Berkah” di Hotel Four Point Hotel Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/2/2024).

Pembicara dalam acara tersebut antara lain Muhammad Assad, Ketua Umum HIPMI Jakarta Selatan, Ustaz Koh Dennis Lim, Ustaz dan Influencer Islami, Mahendra Koesumawardhana, Kepala Unit Usaha Syariah OCBC, dan Fadel Muhammad Tauphan, Ketua Umum HIPMI Kota Makassar.

Para Muslimpreneur selalu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam langkah-langkah mereka. Contohnya Shahid Khan, imigran muslim Amerika Serikat-Pakistan yang menjadi pemilik pemasok suku cadang mobil Flex-N-Gate dan merupakan muslim terkaya di dunia. Kekayaan bersih Shahid Khan mencapai USD11,5 miliar atau setara dengan Rp177,56 triliun dan menduduki peringkat 157 orang terkaya dunia menurut Forbes.

Selain itu, ada juga Azim Premji, seorang pengusaha muslim asal Gujarat, India, yang merupakan pendiri Wipro, perusahaan software terbesar di India. Dengan demikian, UMKM Syariah memiliki potensi besar dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.