Berjuang Sama Saya Mayor Jenderal TNI (Purn) Glenny Kairupan

by -91 Views

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku Kepemimpinan Militer 1: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Mayor Jenderal Glenny ini adalah sahabat saya sejak masa taruna. Kami masuk taruna bersama pada tahun 1970. Kami berada di kompi yang sama, Kompi yang dipimpin oleh Letnan Satu Azwar Syam. Kami mengalami berbagai situasi, suka duka dalam perjalanan sebagai taruna, perwira muda, dan sebagainya bersama-sama.

Pak Glenny Kairupan memiliki fisik yang sangat kuat. Beliau adalah orang yang riang gembira, tidak pernah tidak tertawa, tidak pernah tidak tersenyum, tidak pernah tidak bercanda. Beliau adalah orang yang sangat patriotik, sangat mencintai Indonesia dan sangat pemberani.

Ketika saya masih di Kopassus, beliau masuk Penerbad. Kami bertemu lagi di daerah Timor Timur hampir setiap kali saya terlibat kontak tembak. Jika ada yang luka apalagi ada yang gugur, Glennylah yang pertama turun menggunakan helikopter untuk mengangkut anak buah yang luka atau mengangkut mereka yang gugur.

Terkadang beliau tidak bisa mendarat karena kita berada di lereng, tapi beliau tetap berani untuk turun karena beliau tahu betapa beratnya jika beliau tidak mengambil yang luka dan yang gugur.

Berkali-kali kami melakukan operasi bersama di daerah-daerah yang sulit. Di Timor Timur, di Papua, di daerah-daerah perbatasan. Pada akhirnya beliau terus meniti karier, menjadi Wadanrem di Timor Timur. Kemudian beliau pensiun sebagai Mayor Jenderal. Sekarang pun beliau masih membantu saya di Kementerian Pertahanan.

Pak Glenny Kairupan juga adalah seorang olahragawan. Beliau adalah penembak yang handal. Saat menjadi taruna, beliau adalah anggota tim halang rintang. Dan beliau juga seorang pemain tenis yang baik. Inilah sifat-sifat seorang pemimpin tentara: Harus aktif, harus dinamis, harus energik, harus ceria. Beliau juga banyak belajar dan merupakan orang kepercayaan Pak Wismoyo Arismunandar.

Sumber: Tautan sumber

Source link