Menyelesaikan Pelatihan Calon Pebalap Dunia di Astra Honda Racing School

by -110 Views

Astra Honda Racing School Menuntaskan Pelatihan Calon Pebalap Dunia

SUARA INDONESIA, JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) telah menuntaskan pembinaan bagi 16 calon pebalap masa depan Indonesia dalam seri terakhir Astra Honda Racing School (AHRS) 2023 di AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat. Rangkaian pembinaan ini berlangsung selama lima hari, dimulai dari tanggal 11-15 Desember 2023.

Belasan anak muda berusia 11-14 tahun ini diberikan berbagai pengetahuan teknik balap dan latihan fisik secara intensif yang dapat menjadi bekal dalam mencetak prestasi hingga ajang balap tertinggi. Rangkaian pembinaan AHRS 2023 dilengkapi dengan latihan Flat Track Training menggunakan CRF150R untuk melatih kelincahan dan teknik pengendalian sepeda motor di lintasan. Para peserta juga mendapatkan sesi latihan teknik balap menggunakan NSF100 dan CBR250RR dengan menghadapi lintasan 8 shape dan lintasan zigzag. Pembinaan AHRS dibimbing langsung oleh pebalap yang telah banyak mencetak prestasi di tingkat nasional dan internasional, yakni Gerry Salim, Sudarmono, dan juga Wawan Hermawan.

Selain latihan teknik balap, peserta juga diberikan latihan fisik yang melatih kekuatan sebagai pebalap tangguh dengan gaya latihan “Eropa Style”. Berbagai pengetahuan balap diberikan seperti arti dari berbagai macam bendera di lintasan sirkuit, tata cara start, pinalti, dan beragam aturan lain yang berlaku di lintasan balap. Para peserta pembinaan ini juga menerapkan semua ilmunya yang didapatkan melalui “Mini Race” pada setiap seri AHRS untuk memberikan sensasi kompetisi balap.

Program AHRS ini merupakan tahap pertama dalam program penjenjangan balap untuk anak muda yang memiliki potensi balap mumpuni. Konsistensi penyelenggaraan AHRS diharapkan dapat berbuah manis dalam mencetak pebalap bertalenta yang siap bersaing di kompetisi balap dunia.

Setelah menjalani pelatihan dalam AHRS, para pebalap muda ini akan merasakan langsung balapan pada ajang balap sesungguhnya dengan mengikuti Honda Dream Cup (HDC). Dimulai sejak tahun 2010, AHRS menjadi ajang pelatihan pebalap muda Tanah Air yang berhasil mengantar binaannya menjadi pebalap-pebalap berprestasi pada ajang balap Asia dan dunia.

Pewarta: Redaksi

Editor: Satria Galih Saputra