Herman Suryatman Minta Dukungan Sandiaga Uno untuk Membangun Pariwisata Sumedang menjadi Berkelas Dunia

by -94 Views

SUMEDANG — Kabupaten Sumedang nampaknya memiliki harapan besar dalam pengembangan pariwisata. Tidak heran, Pemerintah Kabupaten Sumedang berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bisa memberikan bantuan.

Harapan itu disampaikan oleh Penjabat Bupati Sumedang, Herman Suryatman. Dia menegaskan siap untuk menjadikan daerahnya sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Herman Suryatman menyatakan hal tersebut di hadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dalam acara ‘Workshop Kabupaten/Kota Kreatif’ di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis (14/12).

“Mas Menteri, target Kabupaten Sumedang saat ini adalah ingin mendorong Sumedang menjadi destinasi wisata kelas dunia,” ujar Pj Bupati Herman di hadapan Menparekraf Sandiaga Uno dan peserta workshop.

Dia yakin dengan kepemimpinan Menparekraf Sandiaga Uno, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia bisa semakin maju, termasuk di Sumedang. “Setelah Pak Menteri mengunjungi Kabupaten Sumedang, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang akan ikut berkembang,” katanya.

Untuk itu, Pj Bupati Herman memohon bantuan, bimbingan, dan fasilitasi khusus dari Menparekraf Sandiaga Uno dengan dukungan berbagai persiapan yang telah dilakukan pihaknya. “Kami siap dengan aksesibilitas yang telah kami siapkan, karena sekarang sudah ada Tol Cisumdawu. Selain itu, kami punya destinasi unggulan, yaitu Menara Kujang Sapasang,” ungkapnya.

Guna mendukung sektor ekonomi kreatif di daerahnya, lanjut Pj Bupati Herman, Pemerintah Kabupaten Sumedang telah memberikan kemudahan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB). “UMKM harus berkembang, terutama yang berbasis ekonomi kreatif. Untuk itu, pengurusan perizinan cukup dengan waktu sepuluh menit dan dilakukan di kantor desa. Selain itu, kami juga menyiapkan permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat Daerah (Kurda),” jelasnya.