Prabowo dan Gibran Bersama Menyampaikan Keberhasilan Program Makan Siang Gratis

by -112 Views

TKN pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memaparkan kesuksesan program makan siang gratis untuk siswa di India dan Sudan. Mereka ingin mengadopsi program ini jika terpilih nanti. Sebelumnya, TKN Prabowo-Gibran juga telah memaparkan kesuksesan program ini di Amerika Serikat (AS).

Menurut Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Hamdan Hamedan, School Meal Program telah menjadi andalan di banyak negara. Data terkini menunjukkan bahwa 58% murid di seluruh dunia, atau sekitar 418 juta anak di lebih dari 76 negara, telah merasakan manfaatnya. Program ini telah terbukti meningkatkan kehadiran siswa, mengurangi angka bolos/putus sekolah, meningkatkan kesehatan dan prestasi akademis murid, serta mengurangi beban ekonomi keluarga.

Sebuah penelitian berjudul “Makan di Sekolah dan Pencapaian Pendidikan: Bukti dari Program Makan Siang di India” menemukan bahwa murid yang mendapatkan makan siang selama 5 tahun memiliki skor bacaan 18% lebih tinggi daripada mereka yang kurang dari 1 tahun. Untuk matematika, ada peningkatan sekitar 9%. Profesor Jayaraman, peneliti dalam riset tersebut, menyatakan bahwa efek nutrisi dari program ini tampaknya bersifat kumulatif dan semakin terlihat seiring waktu. Data yang dikumpulkan dalam riset itu berasal dari 600 distrik pedesaan di India, melibatkan lebih dari 200.000 keluarga di India.

Di Sudan, seorang murid kelas lima SD memberikan testimoni bahwa program pemberian makan di sekolah oleh pemerintah negaranya membuat dia lebih bersemangat untuk sekolah dan menghemat uang keluarga.
Sumber: https://prabowosubianto.com/tkn-prabowo-gibran-paparkan-kesuksesan-makan-siang-gratis-untuk-siswa-di-india-dan-sudan/