Reza Alamsah Mencapai Kesuksesan dengan Mengembangkan UMKM Lokal, Keripik ‘Bachis’, dan Produknya berhasil Masuk Alfamidi Berkat Pemanfaatan Layanan BRI

by -108 Views

Fajar.co.id — Perjalanan usaha Reza dimulai pada tahun 2018. Meskipun saat itu dia memiliki karier yang bagus dalam pekerjaannya, Reza juga bercita-cita untuk menjadi seorang wirausaha.

Terpikir olehnya untuk menggarap bisnis olahan pisang karena pisang merupakan salah satu komoditas terbesar di Kabupaten Pinrang. Reza kemudian mengambil langkah berani membuat keripik Pisang Kepok atau yang dikenal dengan bahasa bugis Otti Manurung.

Pemilihan bahan baku ini bukan tanpa alasan. “Pisang kepok memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, serat, magnesium, kalium, zat besi , vitamin A dan C,” ujar Reza.

Tentunya tidak mudah bagi Reza dalam mengembangkan bisnis ini. Untuk memudahkan pendanaan, Reza memanfaatkan fasilitas kartu kredit BRI. Menurutnya, BRI adalah bank yang sangat mendukung UMKM. Terutama dalam fasilitas kredit usaha rakyat (KUR). Reza pun memanfaatkan fasilitas KUR ini dalam pengembangan usahanya. “Sangat bermanfaat bekerja sama dengan BRI, karena banyak fasilitas sebagai promosi,” katanya, Kamis (7/12/2023).

Reza juga mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi BRImo dari BRI. Aplikasi BRImo, kata Reza, sangat memudahkan dalam hal transaksi usahanya. “Sangat banyak pemakai bank BRI yang menjadi mitra kami. ATM paling banyak, dan semua transaksi tidak ribet,” ujarnya, memuji layanan BRI.

Perjuangan Reza bersama tiga orang karyawan tidak sia-sia dan sampai pada titik di mana eksperimen Reza berhasil dan akhirnya diberi nama KERIPIK BACHIS. BACHIS itu sendiri singkatan dari Banana Chips.