Panwaslu Dampit Berkomitmen untuk Mewujudkan Pemilu yang Aman dan Berkualitas dengan Gelar Deklarasi Pemilu Damai

by -200 Views

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, telah menggelar deklarasi bersama pemilu damai pada hari Minggu, 19 November 2023. Deklarasi ini bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan berkualitas.

Acara deklarasi tersebut diselenggarakan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Dampit. Acara ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Dampit, Bawaslu Kabupaten Malang, Ketua PPK Dampit, pimpinan ormas, organisasi kepemudaan, serta ketua parpol peserta pemilu.

Deklarasi ini juga bertujuan untuk membangun komitmen bersama dengan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Dampit untuk mensukseskan pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dampit, Samsul Muarif, menilai bahwa deklarasi ini sangat tepat diselenggarakan menjelang masa kampanye Pemilu 2024. Ia menyatakan bahwa deklarasi ini merupakan komitmen seluruh komponen, baik aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, penyelenggara pemilu, partai politik peserta pemilu, dan seluruh elemen masyarakat, untuk menciptakan pemilu yang damai dan berkualitas.

Acara deklarasi damai ditandai dengan pembacaan ikrar dan dilanjutkan dengan penandatanganan bersama oleh undangan yang hadir.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Malang, Abdul Alam Amrullah, mengajak semua stakeholder yang hadir untuk bersama-sama menyamakan persepsi demi suksesnya Pemilu 2024. Ia juga mengapresiasi kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diinisiasi oleh Panwaslu Kecamatan Dampit.

Artikel ini dikerjakan oleh Magang dan disunting oleh Mahrus Sholih.