Nilai Investasi Kota Makassar mencapai Rp4,93 Triliun hingga Triwulan III, Mayoritasnya berasal dari Investasi Asing

by -103 Views

Investasi di Kota Makassar mencapai Rp 4,93 triliun atau 39,72% dari total investasi di Sulawesi Selatan pada triwulan III. Total investasi di Sulsel pada periode tersebut mencapai Rp 12,41 triliun. Dengan demikian, Makassar menjadi kabupaten atau kota dengan realisasi investasi tertinggi di Sulsel.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar, Andi Zulkifly Nanda, optimis dapat mencapai target investasi Kota Makassar pada tahun 2023 sebesar Rp 5 triliun, mengingat masih ada triwulan IV. Realisasi investasi di Makassar didominasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 3,48 triliun atau sekitar 90,6% dari total investasi. Negara dengan investasi asing tertinggi adalah Malaysia dengan Rp 139,63 miliar, diikuti oleh Singapura, India, dan Tiongkok.

Zulkifly optimis bahwa investasi di Kota Makassar dapat mencapai lebih dari Rp 5 triliun pada tahun ini, mengingat lonjakan yang terjadi di triwulan III. Dengan demikian, Makassar menjadi salah satu kota yang menarik bagi investor dalam hal penanaman modal.