Komisi Pemilihan Umum Menetapkan 296 Calon Legislator dalam Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Probolinggo.

by -113 Views

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo telah menetapkan Daftar Calon Pemilih (DCT) anggota DPRD Kota Probolinggo. Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri, bersama dengan Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan Sumber Daya Manusia (SDM), Radfan Faisal, mengumumkan hasil rapat pleno tertutup KPU tentang penetapan DCT DPRD Kota Probolinggo kepada wartawan pada Jumat sore (3/11/2023).

Ahmad Hudri mengungkapkan bahwa tahapan pencalonan anggota DPRD Kota Probolinggo telah dilakukan sejak 24 April 2023 hingga pengumuman resmi DCT pada 4 November 2023. Tahapan ini sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Tahapan pencalonan anggota DPRD Kota Probolinggo meliputi Pengumuman Pengajuan Bakal Calon, Pengajuan Bakal Calon, Verifikasi Administrasi Dokumen Persyaratan Bakal Calon, dan Pengajuan Perbaikan Dokumen Persyaratan Bakal Calon. Pada tahapan ini, terdapat 409 bakal calon dari 17 partai politik yang diajukan.

Setelah dilakukan verifikasi, jumlah bakal calon menyusut menjadi 379 orang. Kemudian, setelah dilakukan verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan, tersisa 293 bakal calon yang memenuhi syarat (MS) dan 86 bakal calon yang tidak memenuhi syarat (TMS). Parpol diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan pada bakal calon yang dinyatakan TMS.

Tahapan berikutnya adalah Penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS). Dari hasil pencermatan DCS, tersisa 303 bakal calon yang memenuhi syarat dan 75 bakal calon yang tidak memenuhi syarat.

Pada tahapan pengajuan calon hasil pencermatan DCT, terdapat 296 bakal calon yang terdiri dari 168 laki-laki dan 128 perempuan. Setelah melalui rapat pleno tertutup, KPU Kota Probolinggo menetapkan DCT anggota DPRD Kota Probolinggo sebanyak 296 orang.

DCT anggota DPRD Kota Probolinggo ini akan diumumkan secara resmi pada 4 November 2023.