Bali Menarik Ribuan Turis Kapal Pesiar, Meningkatkan Potensi Belanja hingga USD2.000 per Individu

by -105 Views

FAJAR.CO.ID, DENPASAR – Pariwisata kapal pesiar sedang mengalami pertumbuhan setelah pandemi Covid-19 mereda. Pada hari Senin (30/10), kapal pesiar besar Celebrity Cruise yang dikomandoi oleh Kapten Theodoros Zakkas berlabuh di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali.

Dengan bobot mencapai 121.878 gross tonage (GT), kapal terapung ini menjadi kapal terbesar yang pernah berlabuh di Pelabuhan Benoa.

Berdasarkan data dari Pelindo III Benoa, kapal pesiar ini berdiam di Bali selama dua hari satu malam atau hingga 31 Oktober 2023. Kapal pesiar raksasa ini memiliki panjang 317 meter dan lebar 37 meter, dengan membawa sebanyak 3.944 turis asing yang terdiri dari 2.776 penumpang dan 1.168 kru.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) turut gembira dengan kedatangan kapal pesiar Celebrity Cruise ini.

Menurut Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, potensi belanja dari segmen turis khusus ini sangat tinggi, mencapai USD 2.000 per orang per kunjungan.

“Segmen kapal pesiar ini diisi oleh orang-orang kaya dan diharapkan dapat menghabiskan antara USD 1.500 hingga 2.000 per kunjungan per orang,” kata Vinsensius Jemadu di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Potensi belanja dari turis kapal pesiar ini lebih besar dibandingkan dengan tingkat pengeluaran rata-rata wisatawan mancanegara pada umumnya, yang mencapai USD 1.200 per orang dalam setiap kunjungan.

Pengeluaran wisatawan kapal pesiar ini umumnya digunakan untuk paket tur wisata, transportasi, belanja oleh-oleh, dan makanan. Namun demikian, lamanya kunjungan dari segmen wisatawan kapal pesiar ini singkat, yaitu rata-rata dua hari satu malam.