Kepadatan Kader Perempuan PMII Terpandang Sesuai untuk Membekali Jabatan Publik

by -101 Views

PC KOPRI PMII Surabaya mengadakan Sekolah Kader Kopri di Asrama Haji, Surabaya. (Foto: PMII/Suara Indonesia)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id – Selama ini, arah gerakan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) terhadap kepedulian perempuan begitu nyata. Banyak kader perempuan PMII saat ini menjabat atau memimpin sebagai kepala daerah.

“PMII memang selama ini aktif memperjuangkan kepentingan perempuan di politik, dan pada kenyataannya banyak kader perempuan PMII yang layak jadi tokoh publik dan memimpin publik,” ujar Mubarok, alumni PMII sekaligus aktivis Gerakan ’98, dalam Sekolah Kader Kopri (SKK) yang digelar PC KOPRI PMII Surabaya, 20-22 Oktober 2023 di Asrama Haji Surabaya.

Sebagai contoh, ada sosok Lia Istifhama sebagai kader perempuan PMII dengan keterlibatan yang kuat dalam kegiatan sosial, berbagai organisasi, dan profesi, yang seharusnya sudah bisa menjadi pejabat publik.

Sementara itu, Lia Istifhama menyampaikan materi dengan gaya santai bahwa perempuan di era modern ini juga patut diperhitungkan tentang bagaimana mengaktualisasikan diri sebagai pemimpin bangsa.

“Di era digital, perempuan harus mampu menganalisis strategi dalam pergerakannya,” kata Ning Lia.

Salah satu strateginya adalah mudah beradaptasi dan menyelaraskan tiga hal, yaitu computing, communication, and content.

“Nah, selain melek teknologi, harus bisa berkomunikasi dan menyampaikan konten atau inti dari pesan yang ingin disampaikan,” ujar Ning Lia.

Narasumber yang dihadirkan dalam SKK bertajuk ‘Akselerasi Kader Kopri’ antara lain H. Akhmad Jazuli (Asisten III Provinsi Jawa Timur), H. Samsul Arifin (anggota DPRD Jawa Timur), Ning Lia Istifhama (aktivis Perempuan), Subairi (Komisioner KPU Surabaya), Vinda Maya (Dosen UNESA), Mubarak (alumni PMII), Ummu (Ketua Kaderisasi PB PMII), Zumrotun Nafisah (ketua KOPRI PKC Jatim), dan Abdul Ghoni (mantan Ketua PKC PMII Jatim).

Ketua PC KOPRI PMII Surabaya, Julia Kumala Sari, mengatakan bahwa materi yang disampaikan oleh narasumber yang kompeten membuat SKK interaktif dan kental akan penguatan pengetahuan.

“Sekolah Kader Kopri merupakan upaya yang dilakukan oleh pengurus Kopri Cabang Surabaya dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” ujar Kumala, Kamis (26/10/2023).