Meningkatkan Potensi Kopi Lokal Wonosalam: Puluhan Kedai Kopi Memeriahkan Jombang Coffee Fest 2023

by -119 Views
Meningkatkan Potensi Kopi Lokal Wonosalam: Puluhan Kedai Kopi Memeriahkan Jombang Coffee Fest 2023
Berita
Angkat Potensi Kopi Lokal Wonosalam, Puluhan Kedai Kopi Semarakkan Jombang Coffee Fest 2023

Suasana live musik di acara Jombang Coffe Fest 2023 di halaman parkir DPRD Jombang, Kamis (26/10/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jombang kembali mengadakan gelaran Jombang Coffee Fest 2023. Agenda yang menggandeng puluhan kedai kopi ini bertujuan untuk mengangkat potensi kopi lokal Wonosalam.

Event tahunan ini  diikuti oleh puluhan kedai kopi yang  ada di Kabupaten Jombang dan kota sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di halaman parkir kantor DPRD Kabupaten Jombang, Kamis 26 Oktober 2023 kemarin.

Pantauan di lokasi acara Jombang Coffee Fest 2023, puluhan tenda peserta banyak dipenuhi pengunjung. Selain untuk mencicipi sensasi nikmatnya kopi lokal Wonosalam, mereka juga menikmati hiburan live musik selama dua hari dan diadakan lomba barista. Pengunjung juga diberikan kopi gratis sebanyak 1.000 cup yang disediakan panitia.

Ketua panitia, Sadam Husein (27) mengatakan, kegiatan ini memang ditujukan untuk mengangkat kopi lokal dan meningkatkan sumber daya manusia, terutama barista yang ada di Kabupaten Jombang.

“Dalam acara ini terdapat total 60 peserta dari Jombang, Mojokerto, Blitar Surabaya dan kota sekitarnya. Kami juga bekerja sama dengan UMKM lokal Jombang,” terangnya.

Sadam menambahkan, acara ini diharapkan bisa membantu perekonomian UMKM di Jombang dan diharapkan kegiatannya dapat berkelanjutan. Dengan begitu, dapat menciptakan pemuda Jombang yang kompeten dalam bidang barista.

“Acara ini juga menyelenggarakan perlombaan dengan total hadiah Rp 14,5 juta. Peserta bersaing untuk mendapatkan juara 1, 2, 3, cup testers, dan manual brewing untuk acara ini,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Amirul Fahmi (30), salah satu peserta yang menjual produk UMKM lokal Jombang, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan kembali dan difasilitasi dengan tempat yang lebih representatif, sehingga jumlah pengunjung dapat lebih banyak.

“Jika memungkinkan, acara berikutnya dapat mendatangkan bintang tamu dari luar Jombang dan diadakan pada akhir pekan agar lebih banyak pengunjung yang datang, sehingga acaranya semakin meriah,” pungkasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Penulis : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih