PT Vale Indonesia Mendukung Pelestarian Budaya Lokal Melalui Roadshow Kebudayaan 2024

by -64 Views

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) memperkuat komitmennya dalam mempertahankan dan melestarikan kebudayaan lokal dengan beberapa langkah, termasuk aktif berpartisipasi dalam acara Roadshow Kebudayaan 2024 yang diadakan di empat wilayah yang didukung oleh PT Vale.

Roadshow Kebudayaan ini dilakukan di 11 kecamatan di Lutim, yaitu Angkona, Burau, Kalaena, Malili, Mangkutana, Nuha, Tomoni, Tomoni Timur, Towuti, Wasuponda, dan Wotu.

Bupati Lutim, Budiman, mengatakan bahwa sosialisasi kebudayaan ini melibatkan semua aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari bahasa, pakaian, makanan, hingga cara berinteraksi satu sama lain.

“Budaya merupakan identitas sebuah bangsa yang mencerminkan sejarah, nilai-nilai tradisi, dan kearifan lokal yang harus dipahami dan dilestarikan. Keberagaman budaya menjadi kekuatan bagi Lutim,” ucapnya dalam acara Roadshow Kebudayaan di Anjungan Sungai Malili, Jumat (31/5/2024).

Budiman menekankan pentingnya terus melaksanakan kegiatan seperti ini setiap tahun karena memiliki nilai sosial, budaya, dan ekonomi yang besar.

Dalam roadshow ini, kerjasama antara Pemerintah Lutim dan PT Vale menampilkan acara adat, parade kebudayaan, tarian, dan pertunjukan seni lokal. Tujuannya adalah untuk mengangkat dan melestarikan budaya lokal serta memperkuat rasa kebersamaan dalam masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Timur, Zulhidayah.

“Roadshow Kebudayaan ini sejalan dengan visi Lutim untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan berdasarkan nilai agama dan budaya, sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2017 tentang perkembangan kebudayaan,” katanya.