Semangat dan Pesan Acil Odah untuk Perempuan Banjar saat Menanam Pohon demi Harmoni Hijau

by -79 Views

Menerima Antusiasme saat Menanam Pohon, Begini Pesan Acil Odah kepada Perempuan Banjar

Banjarbaru—Ketua TP PKK Kalimantan Selatan yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Hj. Raudhatul Jannah (Acil Odah) menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Kartini di Taman Hujan Tropis Indonesia, Perkantoran Pemprov Kalsel pada Senin (22/4/2024) pagi.

Ditemani Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin, Acil Odah menanam secara simbolis 2 batang pohon sekaligus melepas burung pipit sebagai simbol kebebasan seorang perempuan dalam hidupnya.

Pada kesempatan tersebut, Acil Odah mendorong nilai-nilai Kartini Banjar menjadi corong perjuangan dalam menapaki hidup sehari-hari. Ia ingin peringatan ini sebagai wujud agar perempuan bisa berdaya di tengah perkembangan zaman.

“Perempuan-perempuan Banjar ini termasuk memiliki andil besar. Terhadap perempuan di dunia, tak terkecuali di Kalsel. Benar tidak? Kuncinya ada pada perempuan, karena banyak anak adalah perempuan. Jika ingin anak terkontrol, maka perempuan lah kuncinya,” ujarnya di sela-sela penanaman.

Tanpa mengabaikan peran laki-laki terutama suami, Acil hanya menegaskan peran perempuan dalam kehidupan, termasuk dalam pengambilan keputusan dan pendorong dalam keluarga.

“Peran perempuan tidak boleh melebihi peran suami. Kita perlu menghormati dan mendorongnya saja. Perempuan adalah pilar dan mitra bagi suami,” pesan Acil Odah.

Selanjutnya, Acil Odah menyarankan perempuan Banjar untuk taat kepada suami. Seperti dirinya sebagai istri Gubernur Kalsel Paman Birin dalam mendukung dan mendoakan selalu.

Acil menambahkan, jika suami memiliki kekurangan, maka istri akan melengkapinya dan sebaliknya. Ia selalu menekankan peran perempuan dalam keluarga, agar tercipta keharmonisan dan sejahtera dalam menjalani hidup.

“Arti menanam bersama perempuan. Peran perempuan juga sebagai pemberi kehidupan, yang akan meningkatkan pertumbuhan anak sehingga kita memerlukan udara yang banyak. Juga karbon dioksida yang banyak, maka dengan menanam pohon ini, kita bisa memiliki penyedia udara segar,” kata Acil Odah.

Seperti yang dikatakan oleh Acil Odah, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fatimatuzzahra juga memaknai Hari Kartini sebagai gambaran perempuan yang berani keluar dari zona aman. Tentu saja, perempuan mampu memainkan peran besar di luar sana.

“Kegiatan yang kami lakukan melibatkan 2.500 orang. Dengan 90% perempuan, ini adalah kehidupan perempuan Banjar,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Fatimatuzzahra mengungkapkan bahwa peringatan ini adalah momen penting bagi perempuan, sehingga perlu digelorakan di dalam panggung ini. Namun, ia juga tidak mengesampingkan peran laki-laki sebagai pendamping hidup perempuan.

“Seperti peran Acil Odah sebagai istri Gubernur Kalsel, Paman Birin. Kita seharusnya mencontoh sosok seperti Acil Odah ini, dia sangat menginspirasi,” ujarnya.

Fatimatuzzahra juga berharap agar tanaman yang sudah ditanam dapat tumbuh subur. Kelak, ribuan tanaman itu diharapkan bermanfaat bagi masyarakat di sekitar.

“Dengan cuaca yang mendukung seperti hari ini, semoga Allah memberikan berkah, agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan bermanfaat bagi manusia, hewan, maupun semua makhluk di bumi,” tutupnya.

Sebagai informasi, penanaman pohon ini mengusung tema “Perempuan Menanam”. Acara tersebut dihadiri oleh Paman Birin bersama Acil Odah, Direktur Bank Kalsel, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Forum Anak Provinsi Kalsel, dan Kelompok Tani Perempuan.

#Lingkungan, #RA Kartini, #Paman Birin, #Pemprov Kalsel,

Sumber: https://www.alinea.id/daerah/acil-odah-tanam-pohon-di-peringatan-hari-kartini-b2k5m9POs

Source link