Menghadirkan Program Wirausaha Merdeka, Universitas Ciputra Menumbuhkan Jiwa Bisnis di Antara Mahasiswanya

by -102 Views

Universitas Ciputra kembali dipercaya oleh Kemendikbud sebagai salah satu penyelenggara program Wirausaha Merdeka (WMK) tahun 2023. Selain di Universitas Ciputra, Demo Day dengan tema “Sustainable Business Entrepreneurship in Global Context” juga dilakukan secara serempak di kampus mitra WMK UC yang tersebar di Sinjai, Semarang, Melawi, Bali, dan Sumba.

Ketua program WMK UC 2023, David Sukardi Kodrat mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memvalidasi model bisnis, produk, dan layanan yang dimiliki oleh masing-masing unit bisnis kepada calon pelanggan. Demo Day tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga dilengkapi dengan sesi-sesi inspirasi yang dibawakan oleh mitra-mitra, seperti aspek legalitas dalam memulai bisnis, basic photography, membuat QRIS untuk bisnis, dan prinsip pengawetan makanan.

Tema “Sustainable Business Entrepreneurship in Global Context” digunakan untuk membentuk mahasiswa agar mampu bersaing di pasar global. Hal ini merupakan upaya untuk mendorong mahasiswa agar dapat memulai bisnis dengan menggarap pasar global.

David juga mengapresiasi berbagai model bisnis yang ditampilkan oleh para peserta WMK UC 2023. Hal tersebut menunjukkan antusiasme anak muda dalam menciptakan bisnis di seluruh pelosok negeri. Tahapan ini akan terus berlanjut dengan materi yang tersaji dalam kurikulum WMK UC, termasuk workshop ekspor yang akan dilakukan pada 23-25 Oktober 2023.

Sebanyak 550 mahasiswa WMK Universitas Ciputra dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, DKI, Jawa Barat, Bali, Sumatera Utara, NTB, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan ini.