Tantangan Strategis Nasional di Indonesia – prabowo2024.net

by -96 Views

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Tantangan-tantangan Strategis Global dan Nasional yang Harus Dihadapi oleh Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia dihadapkan pada beberapa tantangan besar, baik secara global maupun spesifik yang harus diatasi. Tantangan strategis global seperti perubahan iklim, konflik geopolitik, dan perkembangan kecerdasan buatan, turut menjadi fokus perhatian.
Selain itu, terdapat pula tantangan khusus yang harus dihadapi, antara lain bonus demografi yang akan segera berakhir, kebocoran kekayaan nasional, ketidakadilan ekonomi, serta tantangan dalam konteks demokrasi.

Bonus Demografi yang Terbatas

Penduduk Indonesia merupakan salah satu kekuatan utama, terutama dengan usia median penduduk saat ini yang berada di angka 29 tahun. Namun, hal ini tidak akan berlangsung selamanya karena dengan perlambatan penambahan penduduk, jumlah penduduk muda Indonesia akan terus berkurang. Menurut Bappenas, dalam 13 tahun ke depan, usia median penduduk Indonesia diperkirakan akan mengalami perubahan signifikan.

Berbagai contoh sejarah ekonomi bangsa-bangsa menunjukkan bahwa negara dengan populasi usia tua dan tidak produktif akan mengalami kesulitan untuk mencapai kesejahteraan yang tinggi. Saat ini, Indonesia tergolong sebagai negara dengan pendapatan menengah dan memiliki harapan untuk menjadi negara dengan pendapatan yang lebih tinggi.

Dengan proyeksi ini, Indonesia memiliki waktu 13 tahun untuk keluar dari perangkap negara dengan pendapatan menengah atau berisiko menjadi negara yang tua sebelum kaya. Hal ini dapat dijadikan pelajaran dari Thailand yang telah mengalami hal serupa. Oleh karena itu, Indonesia harus tumbuh dengan cepat agar dapat mencapai kesejahteraan yang tinggi sebelum populasi menjadi tua.

Sumber: Source link