Menhan Prabowo Mengakui Pembelian 24 Pesawat Tempur F-15EX Baru Dari AS Untuk Memperkuat TNI

by -99 Views

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto telah menguatkan TNI dengan menandatangani nota kesepahaman komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari Amerika Serikat (AS). Pesawat Jet tempur F-15EX merupakan jet tempur generasi 4.5. Penandatanganan itu dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri. Amerika Serikat juga telah memberikan kode khusus bagi Indonesia untuk penggunaan F-15EX, yakni F-15IDN.

Menhan Prabowo turut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut dan melihat unit pesawat tempur tersebut di kantor Boeing bersama pejabat Kemhan dan The Boeing Company. Rencana pembelian jet tempur F-15 sudah dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari pemerintah. Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diberikan dan paket itu terjangkau. Negosiasi telah berjalan dengan sangat baik.

Departemen Luar Negeri AS menyetujui potensi penjualan jet tempur F-15 dan peralatan terkait kepada RI pada Februari 2022. Pesawat tempur F-15EX memiliki beberapa keunggulan, di antaranya kemampuan muatan yang mencapai 29.500 pound (sekitar 13.380 kilogram) muatan dan kinerja mesin yang tinggi.

Pesawat ini dilengkapi dengan mesin modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan lebih kepada pesawat. Keseluruhan keunggulan ini menjadikan F-15EX sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih dan serbaguna di dunia saat ini. (SENOPATI) Sumber: kemhan.go.id

[Source link](https://prabowosubianto.com/menhan-prabowo-perkuat-tni-melalui-pembelian-24-pesawat-tempur/)