Pembangunan IKN Nusantara Berpotensi Menjadi Pendorong Pertumbuhan Pusat-pusat Ekonomi Baru di Indonesia Timur

by -97 Views

Pemindahan Ibu Kota Negara ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur diharapkan dapat menjadi tolak ukur untuk percepatan pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia timur.

Pembangunan IKN Nusantara di Pulau Kalimantan yang sedang berkembang diharapkan akan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru, terutama di Pulau Kalimantan. Pertumbuhan ekonomi baru ini juga berpotensi memberikan dampak pada daerah lain di kawasan Indonesia timur.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary, menyatakan bahwa penetapan IKN diharapkan dapat menjadi pendorong untuk pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Kalimantan dan wilayah Indonesia Timur secara umum. Dia juga menekankan pentingnya peran masyarakat dan strategi komunikasi publik yang baik dalam pemindahan IKN ke Kalimantan Timur.

Septriana menekankan bahwa pemindahan IKN harus memperhatikan banyak aspek seperti sosiologis, geografis, geopolitik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Direktur Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Agus Gunawan menjelaskan bahwa ada sembilan generator ekonomi di IKN. Ini semua akan terus menjadi topik pembicaraan masyarakat dalam proses pemindahan IKN ke Kalimantan Timur.