BSI Mendorong Mahasiswa untuk Menyukai Bank Syariah sebagai Pilihan di Dunia Kerja guna Meningkatkan Literasi Syariah

by -109 Views

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) melanjutkan upaya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia. BSI berharap agar anak muda, terutama mahasiswa, dapat menjadikan bank syariah sebagai salah satu referensi utama ketika mereka memasuki dunia kerja.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, mengatakan bahwa anak muda adalah calon pemimpin masa depan yang dapat membuat perbankan syariah di dalam negeri menjadi lebih baik di masa mendatang. Menurut Hery, bekerja di bank syariah berarti bekerja untuk dunia dan akhirat.

“Bekerja di bank syariah adalah bekerja untuk dunia dan akhirat. Misalnya, setiap tahun kita mendapatkan laba. Dari laba tersebut, 2,5% dipotong untuk zakat sehingga labanya bersih. Zakat yang terkumpul digunakan untuk membantu masyarakat. Selain itu, bekerja di BSI juga membantu keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi para pegawai, karena BSI memiliki BSI Club yang memiliki kegiatan olahraga, seni, dan religi. Jadi, keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi sangat diperhatikan,” kata Hery.

Hery mengungkapkan hal tersebut dalam acara Sharia Financial Literation ‘Young, Blessed, Free’ yang diadakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Hery juga menyinggung mengapa perbankan syariah saat ini masih belum menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Salah satu alasan yang disebutkan oleh Hery adalah rendahnya tingkat literasi perbankan syariah. Padahal, menurut Hery, perbankan syariah memiliki banyak hal positif seperti tidak adanya bunga, tidak berinvestasi pada hal-hal yang diharamkan dan bersifat spekulatif, serta berbasis pada transaksi yang mendasar.