Direktur Utama KCIC Memaparkan Bahwa Ratusan Ribu Penumpang Telah Menggunakan Kereta Cepat Whoosh

by -141 Views

FAJAR.CO.ID, BEIJING — Antusiasme masyarakat terhadap Kereta Cepat Jakarta – Bandung terus meningkat. Hingga Rabu lalu (14/11/2023), moda transportasi cepat yang dikenal dengan nama Whoosh itu telah mengangkut 352 ribu penumpang.

Whoosh – singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat- yang mulai beroperasi secara komersial mulai 2 Oktober 2023 menjadi sarana transportasi favorit bagi orang-orang yang berlibur.

Survei yang dilakukan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC menunjukkan bahwa lebih dari setengah penumpang Whoosh adalah pelancong. Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi memaparkan sejumlah pencapaian Whoosh di ajang World Railway Cooperation and Development Forum yang diselenggarakan di Beijing, China, pekan ini.

Salah satu hal yang disampaikan Dwiyana adalah bahwa Whoosh yang beroperasi secara komersial dalam waktu kurang dari dua bulan telah melayani ratusan ribu penumpang. “Hal ini menunjukkan bahwa Whoosh telah menjadi salah satu pilihan moda transportasi penting terkait mobilitas masyarakat di wilayah Jakarta-Bandung,” ujar Dwiyana.

Hasil survei KCIC terhadap penumpang menunjukkan bahwa 53 persen responden menggunakan Whoosh untuk berlibur, sedangkan 23 persen lainnya untuk urusan bisnis.

Sisanya, para responden menggunakan Whoosh untuk kegiatan pendidikan, komuter, dan lainnya.

Dwiyana menganggap tingginya penggunaan Whoosh untuk tujuan berlibur dan bisnis merupakan bukti bahwa moda transportasi cepat itu mendukung peningkatan perekonomian lokal.

Survei itu juga mencatat hampir setengah jumlah penumpang Whoosh adalah pengguna kendaraan pribadi. Temuan itu menunjukkan bahwa mulai ada pergeseran penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi massal dengan kehadiran Whoosh.