Pelabuhan Bulusan Siap Menjadi Dermaga LDF yang Bisa Menampung Tiga Kali Lipat Kapasitas

by -103 Views

Pelabuhan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, sedang bersiap-siap menjadi dermaga Long Distance Ferry (LDF) untuk keperluan natal dan tahun baru (nataru) mendatang. Kesiapan dermaga ini ditinjau langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Irjen Pol Hendro Sugiatno beserta rombongan pada Kamis, 2 Oktober 2023.

Hendro mengatakan bahwa Pelabuhan Bulusan akan diubah menjadi dermaga kapal LDF dengan daya tampung tiga kali lipat lebih besar daripada kapal biasa. Pada tanggal 6 dan 10 November, dilakukan uji coba kapal di dermaga ini untuk mengetahui apa yang perlu diperbaiki. Setelah semuanya siap, kantong parkir di Pelabuhan Bulusan juga akan diaspal agar dapat menampung 300 kendaraan dan tidak mengganggu lalu lintas.

Selain itu, rencananya akan dibuat jembatan penghubung dari Pelabuhan Bulusan ke Pelabuhan Ketapang agar area pelabuhan terlihat lebih luas. Keberadaan dermaga LDF di Pelabuhan Bulusan ini diharapkan dapat membantu kelancaran lalu lintas dan meminimalisir antrian panjang di jalur menuju Pelabuhan Ketapang saat libur panjang tiba.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menambahkan bahwa persiapan dermaga baru ini dilakukan sebagai antisipasi lonjakan penumpang saat nataru dan liburan Lebaran. Dermaga LDF di Pelabuhan Ketapang juga sedang direncanakan dipindahkan ke Pelabuhan Bulusan dengan area yang lebih luas.

Armada long distance ferry yang selama ini melayani rute Ketapang-Lembar direncanakan akan dipindahkan ke Pelabuhan Bulusan setelah dilakukan uji coba.