Kunjungan Wisatawan Asing Januari-Agustus 2024 Capai 9,09 Juta Orang

by -119 Views
Kunjungan Wisatawan Asing Januari-Agustus 2024 Capai 9,09 Juta Orang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong seluruh unsur pentahelix yaitu akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media untuk bekerjasama dalam mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Hal ini dianggap penting oleh Sandiaga Uno karena tren pariwisata saat ini mengarah kepada wisata yang lebih personal, disesuaikan, lokal, dan lebih kecil dalam skala.

“Saya mengapresiasi diselenggarakannya Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2025, dengan tema yang mengikuti kondisi tren pariwisata saat ini termasuk integrasi digital,” kata Sandiaga Uno saat memberikan Keynote Speech ITO 2025 di Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwarparekraf), di Hotel Aston Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Menparekraf juga mengungkapkan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mengalami peningkatan positif hingga Agustus 2024, mencapai 9,09 juta kunjungan atau naik 20,38% dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu, kunjungan wisatawan domestik (wisnas) juga mengalami kenaikan sebesar 19,20% menjadi 5,99 juta kunjungan.

Menurut Menparekraf, peningkatan tersebut diprediksi akan terus berlanjut seiring dengan kebutuhan akan pariwisata yang berkelanjutan di masa depan. Hal ini juga sejalan dengan transformasi digital global yang harus diikuti oleh pelaku pariwisata di Indonesia.