BRI Mendapatkan Penghargaan Community Empowerment and Development pada Anugerah ESG Republika 2024 atas Keterlibatan Aktif dalam Pemberdayaan UMKM

by -18 Views
BRI Mendapatkan Penghargaan Community Empowerment and Development pada Anugerah ESG Republika 2024 atas Keterlibatan Aktif dalam Pemberdayaan UMKM

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -– Komitmen BRI dalam mendukung pembangunan berkelanjutan kembali mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dalam kategori Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat pada ajang Anugerah ESG Republika 2024 yang diselenggarakan di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis (19/09/2024). Hadir langsung menerima penghargaan tersebut Direktur Pembiayaan dan Distribusi Ritel BRI Andrijanto.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya BRI dalam mengintegrasikan prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) dalam strategi bisnisnya. Republika memberikan apresiasi kepada perusahaan dan lembaga yang berhasil menerapkan prinsip-prinsip ESG dengan baik melalui Anugerah ESG Republika. Pendaftaran untuk penghargaan ini dibuka dari 25 Juli hingga 7 September 2024, dan dinilai oleh dewan juri yang ahli di bidang ESG.

Pada kesempatan terpisah Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa perusahaan saat ini memiliki strategi untuk fokus pada segmen UMKM dengan mengutamakan “Pemberdayaan Berada di Depan Pembiayaan”. “Sebenarnya UMKM kita lebih membutuhkan edukasi daripada advokasi. Karena advokasi sebenarnya menempatkan UMKM di bawah. Di bawah bank, di bawah lembaga pembiayaan. Jika edukasi sebenarnya menempatkan UMKM sejajar dengan bank sebagai mitra,” ujar Sunarso.

Menurut Sunarso, terdapat lima hal yang perlu diajarkan kepada UMKM. Pertama, tentang semangat kewirausahaan. “Karena pelaku UMKM sangat beragam sehingga masih ada level-level yang berbeda,” ujar Sunarso.