Kemenkop dan UKM Berharap Sulsel Kembali Menjadi Provinsi Koperasi

by -13 Views

Menteri Koperasi dan UKM yang diwakili Deputi Bidang Perkoperasian Ahmad Zabadi hadir pada Puncak Acara Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tingkat Provinsi Sulsel, di Lapangan Pemuda Benteng, Kepulauan Selayar, Sabtu, 14 September 2024.

Dalam acara tersebut, Ahmad Zabadi mengapresiasi peringatan Harkopnas Tingkat Provinsi Sulsel yang meriah. Dia menyatakan kebangggaannya dan berharap ini bisa menjadi momentum untuk mengembalikan Sulsel sebagai provinsi koperasi yang aktif.

Menurut Ahmad Zabadi, Sulsel sudah lama diakui sebagai provinsi koperasi dengan aktivitas perkoperasian yang menonjol. Dia mendesak untuk membangkitkan kembali Sulsel sebagai provinsi koperasi di Indonesia.

Ahmad Zabadi juga menekankan pentingnya koperasi dalam mengakselerasi pertumbuhan UMKM. Dia menegaskan bahwa koperasi diperlukan untuk mengembangkan usaha mikro yang memiliki keterbatasan, agar bisa meningkatkan skala ekonomi dan membantu UMKM berkembang.

Dia juga menyoroti potensi Sulsel di sektor pertanian dan perikanan yang bisa lebih berkembang jika didukung oleh koperasi. Koperasi sebagai entitas bisnis harus memenuhi skala ekonomi dengan jumlah keanggotaan yang besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut.